Saturday, September 6, 2008

Countable and uncountable Noun

Countable noun (kata benda dapat dihitung) dipergunakan untuk benda-benda atau hal-hal yang dibendakan yang banyaknya dapat dihitung dengan bilangan.

Contoh:

- a book (sebuah buku)
- two hats (dua buah topi)
- a eraser (sebuah penghapus)
- ten man (sepuluh orang pria)
- sixteen woman (enam belas orang wanita)

Uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung) dipergunakan untuk benda-benda atau hal-hal yang dibendakan yang banyaknya tidak dapat dihitung dengan bilangan, tetapi hanya melalui jumlahnya.

Contoh:

- money (uang) - tea (teh)
- water (air) - sand (pasir)
- rain (hujan) - sea (laut)

- wind (angin) - light (sinar)

Catatan:

Dalam uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung) biasa dipergunakan dalam kalimat sebagai berikut:

Much (banyak)

- Have you have much money? (Apakah kamu memiliki banyak uang?)

- Have you have much time? (Apakah kamu memiliki banyak waktu?)

Little (sedikit)

- I have little money (Saya memiliki sedikit uang)

- I have little time (Saya memiliki sedikit waktu)

Khusus untuk some (beberapa) dan a lot of (beberapa, sejumlah) dapat digunakan dalam countable noun dan juga pada uncountable noun, contoh sebagai berikut:

Some (beberapa, sejumlah)

> Countable Noun

- I have some books. (Saya memiliki beberapa buku)

- There are some rooms. (Ada beberapa kamar di sana)

> Uncountable Noun

- I have some money for you. (Saya memiliki sejumlah uang untukmu)

A lot of (beberapa, sejumlah)

> Countable Noun

- I have a lot of books. (Saya memiliki beberapa buku)

- I have a lot of dollars. (saya memiliki beberapa dolar)

> Uncountable Noun

- I have a lot of reading. (Saya memiliki sejumlah bacaan)

- I have a lot of money for you. (Saya memiliki sejumlah uang untukmu)

No comments: